Subscribe:

March 12, 2012

Gerakan 'Ular Putih' Terlihat di Planet Mars

WASHINGTON - Satelit eksplorasi Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), Mars Reconnaissance Orbiter, merekam suatu obyek yang tak biasa di permukaan planet Mars. Obyek memanjang berwarna keputihan tersebut muncul di ketinggian satu kilometer dari permukaan planet merah tersebut.


Obyek tersebut bergerak zig-zag sehingga mendapat sebutan white snake. Sosok ular putih itu terekam di kamera satelit pada pertengahan bulan Februari lalu di belahan utara Mars, tepatnya di area Amazonis Planitia. Setelah dilakukan pengamatan, ular putih tadi merupakan badai debu yang kerap dijumpai di permukaan Mars.

Otoritas NASA menjelaskan, badai debu terbentuk akibat adanya pusaran udara yang menyedot materi-materi di atas permukaan planet. Dikarenakan tingkat gravitasi yang relatif rendah, materi-materi tersebut dapat mencapai ketinggian yang cukup jauh dari permukaan planet.

Bentuknya yang berliku-liku disebabkan oleh tiupan angin barat yang mencapai ketinggian badai debu, ungkap otoritas tersebut seperti dikutip newscientist.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...