Subscribe:

December 1, 2013

Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis Kaos Distro

Siapa yang tidak kenal dengan kaos distro, kaos dengan berbagai jenis design sablon yang unik dan keren. Selain itu, terkadang kaos distro hanya dibuat beberapa saja atau yang sering disebut limited edition sehingga menambah unik kaos distro.
Ada proses panjang sebelum kaos distro bisa dibeli atau dikenakan seseorang. Berawal dari ide brand kaos sehingga bisa memulai bisnis kaos distro. Sebenarnya berbisnis kaos distro tidak terlalu sulit, hanya perlu keuletan, kerajinan, kreativitas dan yang terpenting jangan malas. Di bawah ini beberapa tips dalam memulai bisnis kaos distro, yaitu :

1. Lakukan penelitian kecil

Sebelum terjun lebih jauh ke bisnis kaos distro ini, coba cari tahu bagaimana bisnis kaos ini berjalan, secara umum saja untuk awalnya, dan coba juga untuk memperhatikan brand kaos yang sudah sukses dan terkenal, lihat bagaimana mereka bisa sukses, walaupun setiap orang punya cara tersendiri untuk sukses, tetapi setidaknya kita bisa belajar dari kegagalan orang dan tidak terulang lagi.

2. Konsep produk kaosnya

Ini penting karena sebagai pedoman nantinya, tentukan kaos distro seperti apa yang akan dijual nantinya, karakter desain, material, harga. apakah target marketnya ada tidak dan bagaimana nanti cara penjualannya.

3. Kenali pesaing

Bisnis kaos distro bukan suatu hal yang baru, terutama dalam dunia dagang, karena hampir semua masyarakat Indonesia sudah mengenal tentang hal ini, jadi pastinya banyak pesaing. Nah kenali pesaing Anda, dari mulai produk, konsep, karakter, promosi dan lainnya, berusahalah sebaik yang pesaing lakukan.

4. Produk yang pasti!!

Nah ini juga sangat penting, untuk apa kita membuat produk tapi tidak ada yang berminat, untuk mengetahui ini, kita bisa melakukan sebuah survey, dan sedikit promosi saja, dari sekian orang yang kita survey, nanti akan ada salah satu yang mendapatkan hadiah, misal : berupa kaos dengan logo brand kaos distro kita (dapat menjadi media promosi juga).

5. Ketahui kondisi keuangan sendiri

Hal ini sebagai pedoman dalam melakukan pembiayaan, untuk produksi, promosi dan pengeluaran lainnya, jangan sampai kita berhenti ditengah jalan hanya karena kekurangan modal. Bukan berarti Anda juga harus punya banyak modal, yang penting adalah kita pintar dalam mengatur keuangan kita.

6. Promosikan

Setelah produk jadi, maka langkah selanjutnya adalah promosi, kita bisa melakukannya dengan berbagai cara, dan tidak harus membayar mahal untuk promosi, yang penting metode promosi kita harus mengena pada target market. Sebagai contoh kita bisa memberikan kaos gratis dengan logo brand kaos distro kita, promosi via online, menitipkan produk pada toko-toko kaos, pastikan logo yang kita gunakan unik, sehingga belum ada yang mempunyai kaos dengan logo kita.

7. Carilah partner

Bisa saja Anda berjalan sendiri, tetapi akan lebih maksimal jika Anda berpartner dengan yang ahli dibidangnya masing-masing, bisa itu internal atau eksternal. Internal misalnya menggait desainer, eksternal misalnya merangkul pihak-pihak yang bisa memaksimalkan produk anda.

8. Tentukan Tujuan/Goal

Bisa dibilang target juga, tentukan target perbulan, pertahun. Dan Anda harus yakin bisa mencapainya. Ingat kekuatan impian dan pikiran positif.

9. Jangan menyerah

Dalam berbisnis tidak ada yang pasti, semua mungkin saja bisa terjadi, jadi jangan langsung menyerah ketika Anda begitu susah melakukan penjualan pertama. Karena penjualan pertama memang hal yang wajar bila susah dalam dijual, hal ini dikarenakan kita belum memiliki Brand yang terkenal.

Demikian beberapa tips untuk memulai bisnis kaos distro, semoga bermanfaat.

Sumber : Kaos Distro
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...