Subscribe:

March 10, 2012

Mahasiswa Yogya Temukan Obat Pereda Maag

YOGYAKARTA - Dua mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Eza Ria Friatna dan Arry Darmawan, berhasil membuat permen herbal dari daun salam yang berguna bagi penderita penyakit maag untuk meredakan sakitnya.


"Permen itu merupakan alternatif obat herbal maag karena dapat menetralkan kelebihan asam yang diproduksi lambung. Obat maag kebanyakan mengandung campuran bahan kimia dan kurang simpel penggunaannya, sedangkan permen herbal daun salam mudah dibawa kemana-mana dan siap dikonsumsi ketika sakit maag kambuh," kata Eza Ria di Yogyakarta, Jumat (10/2).

Menurut mahasiswi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu, daun salam mengandung minyak atsiri (sitral, eugenol), tanin, dan flavonoid dengan kromatogramafi lapis tipis. Minyak atsiri daun salam dari seskuiterpen lakton mengandung fenol.

"Selain itu, ekstrak air daun salam memiliki efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula) dan asam lambung penyebab penyakit maag," katanya.

Sumber : Republika
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...