Subscribe:

March 10, 2012

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Setiap ibu pasti ingin mencukupi nutrisi janin pada saat hamil. Namun, sebagian calon ibu mengalami hambatan untuk memberikan asupan nutrisi pada saat hamil. Masalah yang paling sering terjadi adalah adanya gejala mual dan muntah. Bagaimana mengatasi ini?


Jangan buru-buru bangun
Ketika bangun tidur, ibu jangan terburu-buru langsung beranjak dari tempat tidur. Duduklah sejenak baru kemudian boleh berdiri.

Seleksi makanan
Pilih makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein yang bisa mengatasi rasa mual. Buah dan sayur juga sangat bagus untuk mengurangi rasa mual.

Sedikit tapi sering
Pola makan pun bisa diatur untuk mengurangi rasa mual, yaitu dengan mengurangi porsi makan, namun frekuensi jam makan justru ditingkatkan. Yang penting sedikit-sedikit, tapi sering.

Kurangi makan pedas
Nah, bagi ibu yang doyan pedas, kurangi dulu konsumsi makanan pedas. Terlebih bagi yang suka makanan pedas dan berminyak.

Kurangi kopi
Bagi yang suka mengonsumsi kopi, disarankan untuk mengganti minuman favorit kaya kafein tersebut dengan air putih. Jika ingin minuman yang lebih nikmat, bisa diganti dengan jus.

Jahe
Jahe bisa menjadi teman setia saat trimester pertama kehamilan. Sebuah riset di Australia menunjukkan bahwa  mengonsumsi jahe pada saat hamil mampu mengurangi rasa mual. Jahe sendiri terbukti aman dikonsumsi saat hamil dan tidak membahayakan janin. Konsumsi jahe pun sesuai selera ibu. Jahe akan sangat nikmat jika diseduh dengan air hangat ditambah sedikit gula batu. Sangat bagus jika dipadukan dengan biskuit sebagai teman minum jahe. Biskuit yang mengandung karbohidrat juga mampu mengurangi rasa mual. Nah, ibu juga bisa mengonsumsi jahe dengan cara praktis, yaitu dengan mengunyah atau mengulum permen jahe.

Jangan stres
Inilah kondisi yang bisa mengganggu kehamilan. Para calon ibu disarankan untuk selalu berpikir positif dan berusaha untuk tetap memenuhi nutrisi yang cukup pada janin. Sebab, anak merupakan aset paling berharga. Sehingga, pemberian nutrisi yang baik akan menjadi investasi yang luar biasa bagi anak.


Sumber : Republika
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...