Subscribe:

January 6, 2015

Sejarah Kaos

Dahulu, kaos merupakan pakaian dalam yang digunakan hanya untuk menyerap keringat saja. Namun pada perkembanganya saat ini kaos bisa dipakai sebagai pakaian luar. Dengan ditambah berbagai macam variasi sablon atau variasi kerah.

Kaos biasanya terbuat dari serat kapas yang teksturnya lembut. Saat ini kaos banyak dipakai oleh pria maupun wanita, dan untuk semua kalangan, termasuk bayi, remaja, dewasa dan lansia dengan model dan mode yang bervariasi.

Kaos kerah berevolusi dari pakaian yang digunakan pada abad ke-19, menjadi kaos oblong diadopsi oleh penambang selama abad ke-19 akhir sebagai penutup tubuh agar lebih nyaman di lingkungan yang panas.

Kaos kerah awalnya menjadi populer di Amerika Serikat ketika dikeluarkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat selama atau setelah Perang Spanyol Amerika. Pada awalnya kaos hanya berwarna putih dan dikenakan di bawah seragam. Hal ini sangat umum bagi para pelaut atau marinir ketika mereka bekerja. Baru pada pertengahan tahun 2000-an, kaos dijadikan media protes oleh sebagian orang dengan ditambah bentuk-bentuk seni pada kaos.

Dinamakan kaos karena memiliki bentuk outline garmen. Kaos menjadi populer sebagai lapisan dalam pakaian untuk pekerja di berbagai industri, termasuk pertanian hal ini dikarenakan kaos mudah dipasang, mudah dibersihkan, dan murah.  Untuk remaja ada tipe kaos berkerah sebagai pengganti kemeja yang dibuat dengan berbagai warna dan pola.

Kaos Pada Perang Dunia II

Setelah Perang Dunia II, kaos menjadi umum karena dipakai oleh veteran perang sebagai pakaian kasual dan mereka menjadi semakin populer pada 1950-an oleh Marlon Brandoda pada pertengahan 1980-an, oleh aktor Don Johnson.

Kaos juga sering digunakan pada banyak iklan komersial, pesan souvenir dan pesan protes seni. Dimulai pada akhir 1960-an, kaos menjadi media untuk seni yang dapat dipakai. Seni poster psychedelic buatan desainer Warren Dayton yang berisi protes dan seni budaya pop yang menampilkan gambar Cesar Chavez, kartun politik dan ikon budaya lainnya dalam sebuah artikel di majalah Los Angeles Times pada akhir tahun 1969.

Saat ini kaos menjadi lebih terkenal dan mudah diingat, terutama setelah berlindung dalam budaya pop pada tahun 1970-an. Misalkan kaos The Rolling Stones dengan logo “lidah dan bibir mereka”, atau kaos dengan desain ikon Milton Glaser “I ? NY”.

Sekarang kaos yang dikenakan sering sebagai satu-satunya pakaian di bagian atas tubuh. Kaos juga menjadi media untuk mengekspresikan diri atau sebagai media iklan, dengan kombinasi dari kata-kata (disebut juga kaos kata), seni, dan bahkan gambar.

Saat ini banyak sekali varian dari kaos seperti tank top, O-neck, kaos dalam, bodyfit, U-neck, dan V-neck. Model kaos Hip hop adalah “tall-T” yaitu kaos yang panjangnya sampai ke lutut. Pada tahun 1990-an ada sebuah tren kaos yang dipakai para wanita dengan terlihat ketat dan dipotong cukup pendek untuk memperlihatkan ulu hatinya. Tren lain yang populer adalah mengenakan kaos lengan pendek dengan warna yang kontras, didalamnya menggunakan kaos lengan panjang. Tren ini dikenal sebagai “layering”.

Kaos Sablon

Pada awal tahun 1950 beberapa perusahaan yang berbasis di Miami, Florida, mulai menghias kaos dengan gambar dan karakter. Perusahaan pertama adalah Tropix pakaian, pendirinya adalah Sam yang memiliki kantor di Miami. Mereka adalah pemilik lisensi asli untuk karakter tokoh Walt Disney seperti Mickey Mouse dan Davy Crockett. Kemudian, perusahaan lain diperluas ke dalam bisnis percetakan kaos, termasuk Perusahaan Manufaktur Sherry yang juga berbasis di Miami.

Pada tahun 1960, ringer T-shirt (rib leher dan lengan) muncul dan menjadi tren bagi pemuda dan para penikmat musik rock-n-roll. Pada akhir 1960-an Richard Ellman, Robert Tree, Bill Kelly, dan Stanley Mouse mendirikan perusahaan Rakasa di Mill Valley, California, untuk menghasilkan desain seni rupa tegas untuk kaos. Rakasa Kaos sering menampilkan lambang dan motif yang terkait dengan Grateful Dead dan budaya ganja. Selain itu, salah satu simbol paling populer yang muncul dari gejolak politik 1960-an adalah banyaknya kaos dengan bergambarkan wajah Marxis atau sang revolusioner Che Guevara.

Demikian sedikit sejarah kaos yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...