Subscribe:

March 23, 2012

Teh Kotoran Panda Seharga 200 Dollar

Ya'an - Panda betul-betul binatang pembawa berkah bagi rakyat Cina. Seorang mantan guru yang memanfaatkan kotoran panda untuk bertani teh menghasilkan tanaman mutu tinggi. Produk yang dibanderol sebagai 'teh organik kotoran panda' ini diburu orang kendati harganya hingga USD 200 (setara Rp 1,9 juta) percangkir.


An Yanshi, yang kini menjadi seorang pengusaha di barat daya Cina, bertani teh di Ya'an, pegunungan di provinsi Sichuan menggunakan berton-ton kotoran dari panda yang hidup di pusat-pusat penangkaran di dekatnya.

Angkatan pertama teh kotoran panda dijual sebanyak 50 gram. Kebanyakan orang menggunakan sekitar 3 gram teh per cangkir.

"Saya berterima kasih kepada langit dan bumi untuk memberkati kita dengan teh panda," kata pria  41 tahun itu dalam sebuah acara akhir pekan untuk mempromosikan tehnya. "Saya hanya ingin menyampaikan kepada masyarakat dunia pesan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna, dan mentradisikan budaya daur ulang serta penggunaan pupuk organik."

Menurut An, kotoran panda sangat menyuburkan dan aman. Pasalnya, panda hanya makan bambu liar dan menyerap hanya sebagian kecil dari nutrisi dalam makanan mereka.

"Mereka seperti mesin yang berputar, dan yang dikeluarnya adalah pupuk organik," katanya. "Mereka terus makan dan mereka terus memproduksi kotoran."

Sumber : Tempo
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...